Berita

BAN PDM Sumatera Barat Jalin MoU Dengan Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya

Jumat, 26 Juli 2024 16:48 WIB
  • Share this on:

Dharmasraya (Humas).  Badan Akreditasi  Nasional Paud, Dasar dan Menengah (BAN PDM) Sumatera Barat melalui dua assesornya Ayu  Mustika Sari dan Wulandari pagi ini jum’at (26/07/2024) didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Sarwono Menghadap Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya H. Okto Verisman di ruang kerjanya.

Kunjungan ke dua assessor ini adalah dalam rangka menjalin kerjasama atau MoU (Memorandum Of Undurstanding) terkait dengan peningkatan mutu pendidikan. Adapun tujuan nota kesepahaman itu sesuai dengan pasal 2 yaitu 1. Menyusun dan mensinkronkan program peningkatan mutu pendidikan di daerah Kabupaten Dharmasraya berdasarkan analisis hasil rapor pendidikan sekolah dan rapor pendidikan Kabupaten Dharmasraya dan 2.Melakukan evaluasi bersama dan memberikan umpan balik konstruktif terkait peningkatan mutu pendidikan di daerah tersebut.

Memang kita ketahui secara bersama bahwa Kementerian yang menyelenggarakan pendidikan paud, dasar dan menengah adalah Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama, BAN PDM lembaga yang menilai mutu pendidikan guna peningkatan kualitas pendidikan baik di sekolah maupun madrasah, sebelum melaksanakan penilaian akreditasi memberikan sosialisasi dan pendampingan terlebih dahulu. Selain itu juga BAN PDM melaksanakan kemitraan agar mutu dan kualitas pendidikan semakin baik.

Peningkatan kerjasama atau kemitraan meliputi sebagai berikut :a. Iklim Lingkungan Belajar, b. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan, c. Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran dan d. Peningkatan Hasil Belajar.

Untuk tahun 2024 ini sasaran akreditasi di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya sebanyak 8 madrasah yaitu MI Al-Azhar Dharmasraya, MI Unggul Dharmasraya, MI Al Fatah, MI Alam Samudera Al Fatehah, MTs Alam Samudera Al Fatehah, MAS Darussalam, MAN Dharmasraya dan MAS Nurul Izzah.

Dengan perjanjian kerjasama antara BAN PDM dengan Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya diharapkan mutu pendidikan kedepan semakin lebih baik, sebagaimana moto madrasah sekarang yaitu madrasah maju, bermutu dan mendunia.

Editor:
Sarwono

Gallery

  • ASN Harus Netral !!